Anjing Mampu Mengenali Wajah Manusia dari Foto

Okezoss - Anjing Mampu Mengenali Wajah Manusia dari Foto: Anjing boleh dibilang salah satu hewan yang paling bersahabat dengan manusia. Sesuai dengan nama latinnya, Canis lupus familiaris, hewan piaraan ini mampu memposisikan diri sebagai bagian dari manusia, bahkan anggota keluarga di rumah. Cerdas? Ya, setuju.

Terlebih lagi jika Anda membaca temuan baru tentang anjing satu ini. Sebuah penelitian mengatakan bahwa anjing juga memiliki kemampuan untuk mengenal wajah manusia meski hanya dari foto statis, dilansir Dailymail, Senin 22 Desember 2013.

Kemampuan anjing mengenali wajah manusia melalui foto setingkat dengan kemampuannya mengenal majikan di dunia nyata. Benar-benar akurat.

Temuan itu berdasarkan sebuah studi yang dilakukan peneliti di University of Helsinki di Finlandia. Peneliti mempelajari gerakan mata anjing yang menjadi indikator bahwa seekor anjing mengenali atau tidak obyek foto manusia yang disodorkan padanya.

Melalui kamera kecil di komputer, peneliti akan melihat gerakan mata anjing saat disodorkan foto manusia yang memang dikenalnya sehari-hari dan foto manusia yang benar-benar asing dan tidak pernah bertemu sebelumnya.

"Anjing diminta untuk berbaring diam terlebih dahulu dan disuguhkan presentasi foto-foto. Rata-rata anjing sangat antusias dan bersemangat berpartisipasi, terlihat dari wajah mereka yang fokus menatap tiap-tiap foto yang ditampilkan di layar komputer," ungkap Profesor Vainio pada Science Daily.

Dia mengatakan, tatapan mata anjing itu akan terpaku pada wajah-wajah yang sering mereka lihat atau merasa akrab. Bahkan, sesekali anjing itu menggonggong. Sebaliknya, anjing akan mudah berpaling jika disodorkan wajah manusia yang aneh.

"Ini menunjukkan bahwa anjing sangat mungkin memiliki kemampuan mengenal wajah seperti halnya manusia," ujar Vainio.

Anjing Mampu Mengenali Wajah Manusia dari Foto.

Editor: Okezoss
Lihat sumbernya DISINI.
Komentar Blog

0 komentar