Dokter di China 'Hidupkan' Tangan di Pergelangan Kaki

Okezoss - Dokter di China 'Hidupkan' Tangan di Pergelangan Kaki: Sebuah keajaiban dilakukan dokter di China dalam menyambungkan kembali tangan putus. Tangan yang seharusnya sudah mati itu bisa berfungsi lagi setelah dicangkokkan. Istimewanya, tempat pencangkokannya ada di kaki pasien.

Pasien bernama Xiao Wei mengalami kecelakaan kerja di Changde, provinsi Hunan, November lalu. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit saat tangan kanannya putus mulai dari pergelangan. "Aku kaget dan terdiam saat itu, sampai rekan kerjaku mematikan mesin dan mengeluarkan tanganku," tuturnya.

Rumah sakit tersebut tidak bisa menyembuhkan Xiao sehingga merujuknya ke tempat lebih besar di Changsha. Tujuh jam kemudian ia sampai di sana dan dioperasi. Namun dokter belum bisa langsung menyambungkan lengannya yang putus.

"Lukanya sangat parah. Selain luka koyak, tangannya juga remuk," ucap seorang dokter. "Kami harus menyembuhkan lukanya dulu sebelum melakukan operasi penyambungan."

Alhasil, untuk menjaga potongan tangannya tetap hidup maka harus dicangkokkan dulu. Akhirnya dokter mencangkokkan potongan tangan itu di kaki kiri Xiao. Jadi tangan itu akan tetap hidup berkat aliran darah dari nadi di kaki.

Tangan yang dicangkokkan itu lalu disambung kembali ke lengan Xiao sebulan kemudian. Meski belum berfungsi, namun dokter yakin tangan tersebut akan bisa segera dipergunakan lagi setelah beberapa kali operasi.

Dokter di China 'Hidupkan' Tangan di Pergelangan Kaki.

Editor: Okezoss
Lihat sumbernya DISINI.
Komentar Blog

0 komentar